bersama dalam bahagia bersatu dalam duka

Rabu, 05 Juni 2013

Tata Rias (Artistik)



j
Tata Rias 
Tata rias secara umum dapat diartikan sebagai seni mengubah penampilan wajah menjadi lebih sempurna. Tata rias dalam teater mempunyai arti lebih spesifik. Yaitu seni mengubah wajah untuk menggambarkan karakter tokoh. Tata rias dalam teater bermula dari pemakaian kedok atau topeng lebih besar dari wajah pemain dengan garis tegas agar ekpresinya dapat dilihat oleh penonton. Beberapa teater primitive menggunakan bedak tebal yang biasa dibuat dari bahan-bahan alam, seperti tanah, tulang, tumbuhan, dan lemak binatang. Pemakaian tata rias akhirnya menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari peristiwa teater.
Ø  Fungsi Tata Rias
Tikoh dalam teater memiliki karakter berbeda-beda. Penampilan tokoh yang berbeda-beda membutuhkan penampilan yang berbeda sesuai karakternya. Tata rias merupakan salah satu cara menampilkan karakter tokoh yang berbeda-beda tersebut. Tata rias dalam teater memiliki fungsi sebagai berikut :
·         Menyempurnakan penampilan wajah
·         Menggambarkan karakter tokoh
·         Memberi efek gerak pada ekpresi pemain
·         Menegaskan dan menghasilkan garis-garis wajah sesuai dengan tokoh
·         Menambah aspek dramatik.
Ø  Jenis Tata Rias
·         Tata rias korektif
Tata rias korektif (corrective make-up) merupakan suatu bentuk tata rias menyempurnakan (koreksi). Tata rias ini menyembunyikan kekurangan-kekurangan yang ada pada wajah dan menonjolkan hal-hal yang menarik dari wajah, Setiap wajah memiliki kekurangan dan kelebihan. Seseorang yang memilki wajah yang kurang sempurna, misalnya dahi terlalu lebar, hidung kurang mancung dan sebagainya dapat disempurnakan dengan make—up korektif. Seorang pemain membutuhkan tata rias korektif ketika tampilannya tidak membutuhkan perubahan usia, ras, dan perubahan bentuk wajah. Biasanya pemeran memiliki kesesuaian dengan tokoh yang diperankan. Dan wajah pemain cukup disempurnakan dengan menyamarkan, menegaskan, dan menonjolkan bagian-bagian wajah agar sesuai dengan tokoh yang dimainkan.
·         Tata Rias Fantasi
Tata rias ini dikenal juga dengan istilah tata rias karakter khusus. Disebut tata rias karakter khusus, karena menampilkan wujud rekaan dengan mengubah wajah dengan tidak realistic. Tata rias fantasi menggambarkan tokoh-tokoh yang tidak riil keberadaannya dan lahir berdassarkan daya khayalan semata. Tipe tata rias fantasi beragam, mulai dari badut, tokoh, sampai binatang.
·         Tata Rias karakter 
Tata rias karakter adalah tata rias yang mengubah penampilan wajah seseorang dalam hal umur, watak, bangsa, sifat, dan ciri-ciri khusus yang melekat pada tokoh. Tata rias karakter tidak sekedar menyempurnakan, tetapi mengubah tampilan wajah. Contohnya, mengubah umur pemeran dari muda menjadi lebih tua. Tata riaskarakter membantu pemain dalam mengungkapkan karakter tokoh. Tata rias  karakter dikenakan pada bagian wajah dan tubuh lain yang memungkinkan dapat dilihat oleh penonton. Bagian lain tubuh seperti leher, badan, tangan,atau kaki yang terlihat. Perkembangan usia manusia membawa perubahan-perubahan pada wajah. Mulai dari anak-anak sampai usia tua. Manusia mengalami perubahan pada wajah ketika menginjak usia 30-an. Khususnya pada usia 35 tahun,wajah manusia mengalami perubahan dengan beberapa tanda-tanda pada wajah, yaitu munculnya kerutan pada beberapa bagian bagian. Kerutan muncul pada bagian sekitar mata, mulut, dan hidung. Perubahan lain yang terjadi adalah pada rambut yang mulai merubah warna menjadi abu-abu atau putih. Pada usia 40 tahun, perubahan mulai tampak lebih nyata. Kerutan pada wajah mulai bertambah dan rambut berwarna putih mulai banyak. Usia 50 tahun, kulit mulai kendor dan kerutan semakin tajam dan bertambah. Usia 65 ke atas, kerutan-kerutan wajah semakin banyak, kulit pada wajah mulai mengendur, cekung, dan rambut semakin memutih. Salah satu contoh adalah membuat garis kerutan. Garis kerutan dibuatsetelah aplikasi foundation.
Garis kerutan wajah dibuat dengan pensil alis.Kerutan pada kening biasanya mulai tampak pada usia 40-an dengan jumlah sedikit. Garis kerutan pada kening mulai bertambah jumlahnya pada usia 50.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar