bersama dalam bahagia bersatu dalam duka

Senin, 10 Desember 2012

Proses Regenerasi dalam KERETA

regenarasi ialah sebuah kata yang selama ini tentunya telah kita ketahui bersama, yaitu menyambung tali perjuangan dengan proses menjaring kembali penerus tongkat estafet perjuangan tersebut. sebuah proses regenerasi yang dilaksakan saat ini oleh sanggar kereta, dimulai dengan penerimaan anggota baru sanggar. yang mana melalui proses tingkatan-tingkatan yang harus dilewati. sesuai dengan AD-ART yang dimiliki.
dimulai dari tahun 2000, proses calon anggota mendapatkan status anggota penuh, sedikitnya harus melalui empat tahapan, yaitu :

1. tes wawancara
sebelum memasuki tes wawan cara ini, sicalon anggota diharuskan mengisi soal-soal psikotes. hal tersebut dilakukan guna mengetahui bagaimana keadaan kejiwaan calon anggota. dalam tes wawancara ini pada dasarnya terdapat tiga pokok poin yang dipertanyakan kepada sang calon anggota, hal tersebut meliputi motivasi (alasan yang mendasari kenginan masuk sanggar), Organisasi (mengapa hal ini dipertanyakan, karena pada dasarnya sanggar kereta bukan hanya sekedar wadah para seniman muda "mahasiswa Fak. Syariah IAIN Antasari Banjarmasin", Melainkan Ialah Sebuah Organisasi yang memiliki sebuah tujuan yang jelas sebagaimana organisasi lainnya, serta struktur organisasi yang jelas), dan MinatBakat (agar para pengurus   dapat mengetahui dibidang mana sih bakat dan minatnya sicalon anggota agar dapat disalurkan dengan baik).
2.WorkShop Ruangan
setelah melalui tahap pertama, baru calon anggota berhak mengikuti tahap ke-2 ini. tahap ini pada garis besarnya ialah pengenalan dan pemberian materi tentang hal-hal yang berkaitan dengan seni teater, semisal penataan artististik, teknik vokal, hukum panggung, penggunaan properti dan lain sebagainya. dan materi yang tak pernah tertinggal dalam proses ini ialah sejarah sanggar kereta sendiri.
3.Latihan Alam
Proses Latihan Alam XIII
dalam latihannya ini, sebagaimana materi yang diberikan dalam workshop ruangan materinya tidak jauh berbeda, bahkan hampir sama semuanya. yang memedakannya ialah, kalau dalam workshop ruangan hanya sekedar pemberian materi, sedang dalam latihan alam adalah pemahaman yang mendalam tentang teori-teori atau materi-materi yang telah diberikan. agar para calon anggota nantinya dapat mengerti dan memahami dengan makna dan arti dalam teori-teori tersebut.



4.Pentas Perdana
setelah mereka memahami dan mengerti dengan teori-teori yang mereka dapatkan, dalam pentas perdana inilah pembuktian pemahaman mereka tersebut, dengan kata lain praktik langsung diatas pentas yang sebenarnya.

setelah melewati kesemua tahap tersebut, barulah sang calon anggota sah menjadi anggota sanggar kereta sepenuhnya. dengan cara itulah proses regenarasi sanggar kereta yang dijalankkan saat ini.
meskipun demikian proses pembelajaran disanggar terus berlanjut, bukan hanya sekedar pelajaran dalam workshop saja.


*lampiran :
LAtihan Pengambilan Nafas, sebelum AMbil VOKAL

Kontemplasi
olah tubuh
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar